Tata Cara Nikah Siri Online

atiqfitria   12/07/2021   Comments Off on Tata Cara Nikah Siri Online

Untuk sebagian calon pengantin mungkin akan memilih untuk merayakan pernikahannya agar diketahui oleh orang banyak. Namun, seperti hal itu tidak bagi yang ingin menikah secara siri. Jika Anda salah satunya, tentu wajib memahami tata cara nikah siri online dengan baik.

Tata Cara Nikah Siri Online

Pahami Tata Cara Nikah Siri Online

Nikah siri online pada dasarnya kemunculannya dikarenakan situas pandemi seperti sekarang ini. Dimana akibat keterbatasan yang ada, maka membuat pihak penyedia harus menjalankannya secra digital. Berikut tata cara nikah siri online yang perlu diketahui.

  1. Syarat Nikah Siri

Sebelum membahasnya tentang tata caranya, ada baiknya agar Anda mengetahui syarat serta ketentuannya. Sebab, jika calon mempelai tida memenuhinya, maka prosesi pernikahan pun tak bisa dilaksanakan. Untuk itu, cara tahu terlebih dahulu mengenai syarat-syaratnya.

Secara umum, syarat utama dari nikah siri adalah calon mempelai keduanya beragama Islam. Selain itu, harus memiliki dua saksi serta wali. Pernikahan dilakukan bukan karena paksaan ataupun terpaksa. Terlepas dari itu, masing-masing mempelai memiliki syarat khusus lainnya.

  1. Cara Daftar Nikah Siri

Untuk tata cara nikah siri online, langkah berikutnya setelah memenuhi persyaratan adalah mencari penyedia layanannya. Sampai pada saat ini, tercatat ada banyak Website yang menawarkan layanan nikah siri online.

Sederhananya, Anda tinggal mencarinya melalui internet dengan memasukkan keyword nikah siri Jakarta atau kota lainnya sesuai domisili. Kemudian, secara otomatis akan muncul beberapa rekomendasi. Namun, pastikan memiliki penyedia layanan yang terpercaya.

  1. Tata Cara Nikah Siri

Salah satu hal yang perlu Anda ingat dan cukup penting adalah perihal wali sah bagi mempelai perempuan. Sebab, prosesnya akan menjadi lebih rumit apabila tidak menggunakan wali yang tercatat. Terlebih, prosesinya tidak dihadir oleh keluarga utama.

Meskipun sifatnya dilakukan dengan sembunyi dalam arti untuk orang umum, perihal izin terhadap keluarga bersangkutan pun sangat penting. Sebagian penyedia layanan nikah siri online mungkin menawarkan wali bagi janda. Namun, lebih baik lagi jika statusnya sah.

Itulah tadi pembahasan mengenai tata cara nikah siri online yang perlu diketahui. Sebelum memutuskan untuk melangsungkan pernikahan, ada baiknya agar pahami terlebih dahulu dengan baik dan benar. Sebab, hal ini menyangkut hukum serta ketentuan lainnya.

About atiqfitria

Hallo, Assalamualaikum. Saya mahasiswi program studi S1 Keperawatan Unimus. Semoga dengan ini kita bisa menambah informasi dan dapat bertukar pikiran. Wassalam :)