Pengertian Merek Dagang Beserta Fungsinya

atiqfitria   31/10/2021   Comments Off on Pengertian Merek Dagang Beserta Fungsinya

Memahami pengertian merek dagang tentu menjadi sangat penting khususnya bagi Anda yang memiliki suatu produk. Hal tersebut dikarenakan agar lebih paham apa maksud serta fungsi dari merek dagang. Terutama mengenai dampak terhadap bisnis itu sendiri.

Pengertian Merek Dagang Beserta Fungsinya

Secara umum, jika bicara mengenai merek dagang maka yang akan muncul dikepala adalah sebuah nama dari produk. Pernyataan tersebut tentu tidaklah salah namun kurang lengkap saja. Oleh karena itu, simak ulasan berikut perihal pengertian merek dagang dan manfaatnya.

  1. Apa Itu Merek Dagang

Pengertian merek dagang secara umum adalah sebuah identitas yang ditujukan kepada suatu produk ataupun bisnis. Dalam hal ini biasanya berupa nama, logo, warna, gambar hingga aspek lainnya. Semuanya skan menjadi khas dari produk dan dikenal oleh konsumennya.

Namun jika dicari tahu lebih dalam lagi, maka definisi merek dagang bukan hanya sekedar identitas saja. Bahkan beberapa ahli mengatakan ini merupakan bagian penting bagi produk atau bisnis. Karena dianggap sebagai salah satu aset bernilai terutama kebutuhan pasar.

  1. Apa Fungsi Merek Dagang

Fungsi merek dagang bukan hanya sekedar memiliki identitas yang dikenal oleh banyak orang. Manfaat utamanya adalah memberikan perlindungan hukum terhadap produk. Karena tidak menutup kemungkinan akan adanya berbagai macam masalah seperti plagiasi.

Kasus seperti itu sudah bukan masalah yang cukup sering ditemui. Apalagi diera teknologi informasi saat ini berkembang sangat pesat. Untuk memberikan perlindungan lebih maka diperlukan langkah berupa pendaftaran merek dagang. Ini merupakan manfaat utamanya.

  1. Tujuan Merek Dagang

Seperti yang sudah dikatakan oleh beberapa ahli perihal pengertian merek dagang bahwasanya bukan hanya sekedar identitas saja. Karena dibalik itu semua ada berbagai macam tujuan yang ingin dicapai. Salah satunya adalah memberikan perlindungan.

Terlepas dari memberikan perlindungan, tujuan lainnya mendaftakan merek dagang adalah agar dapat memperluas jaringan hingga mengembangkan bisnis. Tentu ini sangat berkaitan karena hal itu bisa menambah nilai atau citra terhadap produk secara tidak langsung.

Itulah tadi pembahasan mengenai pengertian merek dagang beserta manfaat dan tujuannya. Dengan Anda memahaminya tentu tidak usah ragu dan menunda-nunda untuk segera mendaftarkannya. Info lengkapnya bisa kunjungi Website pendaftaranmerekdagang.com.

About atiqfitria

Hallo, Assalamualaikum. Saya mahasiswi program studi S1 Keperawatan Unimus. Semoga dengan ini kita bisa menambah informasi dan dapat bertukar pikiran. Wassalam :)