Tips Membuat Nama Merek yang Menarik

atiqfitria   15/11/2021   Comments Off on Tips Membuat Nama Merek yang Menarik

Nama merek menjadi salah satu hal penting yang harus ditentukan saat akan memulai bisnis. Karena merek dagang suatu produk atau bisnis akan menjadi identitas yang membedakannya dengan brand lain. Sehingga penting sekali untuk dipikirkan matang-matang dengan mengikuti tips membuat nama merek.

Tips Membuat Nama Merek

Merek adalah sesuatu yang nantinya akan melekat dan diingat terus oleh masyarakat tentang suatu produk atau bisnis. Jika masyarakat sudah mengenal suatu brand secara identik, maka lebih mudah untuk menerapkan strategi promosi. contoh, kosmetik halal identik dengan brand “Wardah”.

  1. Mudah Diingat

Nama merek yang dibuat haruslah mudah diingat, jangan terlalu panjang dan berbelit-belit. Karena semakin mudah diingat nama brand tersebut, maka nama tersebut yang akan terus terngiang dan diingat di benak masyarakat. Buat nama yang unik dan menarik serta beda dari kompetitor lain.

Ciri-ciri brand yang akan mudah melekat di benak masyarakat sebagai konsumen adalah mudah dikenali dan mudah diucapkan. Brand tersebut juga harus identik dengan produk yang dibuat. Contohnya produk skincare dengan mengandung kata “glowing”, makanan “yummy”, dan lainnya.

  1. Unik

Fungsi utama merek adalah sebagai identitas dan daya pembeda untuk membedakannya dengan produk kompetitor. Sehingga nama brand harus dibuat seunik mungkin dan berbeda agar tidak disamai oleh pelaku bisnis lainnya. Agar lebih aman, sebaiknya segera daftarkan ke jasa trademark Indonesia.

Hal ini penting dilakukan agar Anda mendapatkan hak perlindungan atas merek tersebut. Sehingga jika ada pihak lain menyalahgunakan nama merek yang digunakan, maka bisa ditindak hukum.

  1. Memiliki Nama Positif

Ungkapan nama adalah doa sebaiknya juga diterapkan ketika membuat nama merek suatu produk atau bisnis. Buat nama brand yang mengandung makna positif karena nama tersebut nantinya akan memberi pengaruh besar terhadap bisnis yang dijalani.

Lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui arti dan makna dari nama merek yang Anda buat.

Tips membuat nama merek di atas bisa Anda terapkan saat akan memulai usaha. Sebelum launching, penting sekali untuk menentukannya agar ketika bisnis atau produk sudah diluncurkan maka masyarakat lebih mudah mengingatnya.

About atiqfitria

Hallo, Assalamualaikum. Saya mahasiswi program studi S1 Keperawatan Unimus. Semoga dengan ini kita bisa menambah informasi dan dapat bertukar pikiran. Wassalam :)